Portofolio Digital Marketing Pertamina XScouts
“Mengoptimalkan aset digital yang ada untuk menumbuhkan basis inovasi Pertamina XScouts dan terlibat melalui komunikasi yang relevan.”
Background
Pertamina senantiasa memegang teguh komitmen untuk menyediakan energi dan mengembangkan energi baru dan terbarukan dalam rangka mendukung terciptanya kemandirian energi nasional. Sejarah mencatat bahwa eksistensi Pertamina dibangun sejak sekitar tahun 1950-an, ketika Pemerintah Republik Indonesia menunjuk Angkatan Darat yang kemudian mendirikan PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara untuk mengelola lading minyak di wilayah Sumatera. Kemudian perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat PERMINA, pada tanggal 10 Desember 1957 yang hingga kini diperingati sebagai hari lahirnya Pertamina
Produk Pertamina :
Eksplorasi minyak dan gas bumi, meliputi kegiatan studi geologi dan geofisika, pematangan lead dan prospek, kegiatan survei geologi dan geofisika, serta pemboran eksplorasi.
Pertamina memiliki peran strategis dalam menyediakan energi yang sangat dibutuhkan bangsa ini untuk menggerakkan seluruh sendi-sendi kehidupan di Indonesia. Atas tanggung jawabnya tersebut, Pertamina telah membangun jaringan bisnis yang terintegrasi, mulai dari hulu hingga hilir. Maka pada tanggal 12 Juni 2020, resmi terbentuk 6 (enam) subholding di bawah Pertamina, yaitu Upstream Subholding, Gas Subholding, Refinery and Petrochemical Subholding, NRE Subholding, Commercial and Trading Subholding, dan Integrated Marine Logistics Subholding.
Diplomat Success Challenge Gandeng Generasi Muda Kreatif
Jakarta - Sebagai langkah untuk mendorong percepatan pertumbuhan startup energi di Indonesia, PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan program Pertamina XScouts sebagai platform kolaborasi open innovation antara Pertamina dan founder startup energi yang secara resmi dibuka melalui acara One Day Virtual Talks bertajuk “Shaping the Future of Energy”, Rabu, 29 September 202. Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dalam sambutannya mengutarakan, Pertamina mengundang potential startup untuk berkolaborasi dalam konteks mutual benefit. Kesempatan kolaborasi pengembangan innovation to business tersebut terbuka bagi start up khususnya di bidang energi bersih, elektrifikasi, petrokimia dan teknologi pendukungnya, yang memiliki tantangan tersendiri. “Harapan kami, dengan Pertamina XScouts ini dapat turut membangkitkan gairah inovatorinovator unggul Indonesia untuk membawa inovasinya menjadi business value berkolaborasi dengan Pertamina sebagai perusahaan energi nasional,” ungkap Nicke.
Sumber : https://pertamina.com/id/news-room/news-release/xscouts-platformkolaborasi-pertamina-dan-startup-untuk-akselerasi-bisnis-energi-di-indonesia
Insight Pertama
Populasi Indonesia Jumlah penduduk Indonesia adalah 277,7 juta pada Januari 2022. Data menunjukkan bahwa penduduk Indonesia meningkat sebesar 2,8 juta (+1,0%) antara tahun 2021 dan 2022. 49,7% penduduk Indonesia adalah perempuan, sedangkan 50,3% penduduk adalah laki-laki. Pada awal tahun 2022, 57,9% penduduk Indonesia tinggal di pusat kota, sementara 42,1% tinggal di pedesaan.
Populasi Umur di Indonesia :
- Berusia 18 s/d 24 tahun = 11,6%
- Berusia 25 s/d 34 tahun = 14,9%
- Berusia 35 s/d 44 tahun = 14,7%
- Berusia 45 s/d 54 tahun = 12,7%
- Berusia 55 s/d 64 tahun = 9,0%
- Berusia 65 ke atas = 6,8%
Sumber : https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Insight Kedua
Populasi Internet di Indonesia Ada 204,7 Juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022. Tingkat penetrasi internet Indonesia mencapai 73,7% dari total populasi pada awal tahun 2022. Analisis Kepios menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta (+1,0%) antara tahun 2021 dan 2022. Sebagai gambaran, angka pengguna ini mengungkapkan bahwa 73,05 Juta orang di Indonesia tidak menggunakan internet pada awal tahun 2022, artinya 26,3% penduduk tetap offline di awal tahun.
Sumber : https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Target Audience
- Lookalike Facebook Pixel
- Laki Laki | Perempuan 21 - 40 Tahun
- Include : Teknologi, Energi, Llifestyle, Entrepreneur, Education, Renewable Energy
- Must also match : Ventures
Target Lokasi
Big City in Asia Tenggara
Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Cakupan kota besar, second city dan rural area di Asia Tenggara.
Sosmed Performance Awareness / KPI
Impressions dengan KPI 332.143/bulan dapat di raih Impressions 525.665
Reach dengan KPI 275.510 dapat diraih Reach 378.642
Hasilnya, XScouts mendapatkan impressions rate by reach 1,38% pada November 2022, meningkat signifikan dibandingkan bulan sebelumnya dimana rata-rata impressions rate pada 2022 hanya 0,35%. Hal ini menunjukkan bahwa kami berhasil meningkatkan likeability dan proximity antara XScouts dengan audiensnya.
0 Comments:
Post a Comment